12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Kalau Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel