12 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Khamis, 7 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, pastikan merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
kalian malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, pastikan merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan