12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih ada di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.

anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan sebagai konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel