10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kamu malah wajib waspada jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat gagasan terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau harus, kawan juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel