10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau judul Anda kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Variasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel