Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.
0 Response to "Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"
Catat Ulasan