10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah harus waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kalian sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan anda sebagai konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel