Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling di artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Kalau perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kawan menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel