9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

anda malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel