10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut ranking webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web anda sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.

anda malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Kalau bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel