15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.

sobat malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika harus, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel anda menjadikannya artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel