16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi sebab masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul Anda kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Jika bisa, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan anda sebagai konten yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel