10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik
Selasa, 26 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.
sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking pada artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.
sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking pada artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang modern
Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan