16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

anda malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel