10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.

sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel