10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja crawling pada konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja crawling pada konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"
Catat Ulasan