Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau judul Anda kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menempatkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel