9 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mengindek konten anda menjadikannya artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mengindek konten anda menjadikannya artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan