Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.
anda malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kamu sedang menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang anda download itu. Kalau harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"
Catat Ulasan