9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel