Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami masukkan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah membantu visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kawan malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, anda sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.
Tapi dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada halaman itu.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan