10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kalian sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Kalau harus, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kamu sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel