9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda sedang membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel