12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah postingan.

anda malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel