Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi sebab masih ada di page one tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

anda malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel