15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa membuat backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya konten yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel