12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kita.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kalian download tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel