Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kamu malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, sobat sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, sobat bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel