15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel