9 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kamu malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kamu malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.
0 Response to "9 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan