Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu menjual sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
anda malah harus waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai konten yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan