Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun hanya akibat masih ada di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.
Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.
Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.
External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.
kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.
Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.
Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.
Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai konten yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan