10 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Ahad, 27 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.
Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.
Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.
Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.
External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.
Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.
Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat sebagai tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.
Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.
Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.
Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.
External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.
Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.
Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat sebagai tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.
0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan