Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

kalian malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kalian sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau anda bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ruh paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kawan menjadikannya konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel