Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.
kalian malah wajib waspada jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, sobat lagi menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kamu unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"
Catat Ulasan