10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.

anda malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu lagi membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di artikel tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang sobat download itu. Kalau perlu, kalian juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai artikel yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel