9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

kamu malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau anda menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, anda juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel