Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang efektif.
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.
sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa segera bersaing di SERP.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.
sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan