15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel