15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.

sobat malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan anda sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel