9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di konten itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kawan download tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di konten itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kawan download tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kamu cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan