10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di tulisan tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di tulisan tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan