10 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
sobat malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
sobat malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan