Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun ide artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel