9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan crawling di artikel yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika harus, anda juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel