12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Kalau sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, kalian juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai konten yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Kalau sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, kalian juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai konten yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.
0 Response to "12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan