16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Jika perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel