12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara menulis artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel