Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.
kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly"
Catat Ulasan