9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kalian malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kalian malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan